Article Detail

RBL untuk meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Fase B

Pada hari Kamis, 31 Oktober 2024 Kelas 3 SD Tarakanita Tulang Bawang Barat melakukan pengamatan sederhana mengenai sifat benda dan wujud benda. Guru kelas 3 menggunakan model Research Based Learning untuk membantu peserta didik dalam memahami materi wujud benda ini. Melalui RBL diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mendorong peserta didik untuk aktif serta terlibat didalamnya. Konsep dalam IPAS cenderung pada ranah kognitif yang tinggi sehingga membutuhkan benda konkret dalam pengajaran, maka guru menyesuaikan dengan model yang tepat salah satunya mode pembelajaran RBL.Peserta didik diajak untuk melakukan pembelajaran di luar kelas bersama kelompok mengamati setiap benda yang disediakan oleh guru dan diidentifikasi benda-benda tersebut termasuk kedalam sifat benda yang mana dan wujud benda yang seperti apa. Mereka mengamati satu per satu dengan memegang benda tersebut, membau, serta mencocokan dengan ciri-ciri yang ada pada keterangan buku yang telah mereka pelajari tentang sifat benda dan wujud benda.

Dengan aktivitas pembelajaran yang seperti ini memberikan respon positif, mereka sangat senang belajar dengan eksperimen dan pembelajaran ini pastinya berpusat pada peserta didik.


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment